Header Ads

Iran Turut Andil Dalam Proyek Fusi Nuklir Dengan Prancis


Jakarta, EnergiToday-- Iran menyatakan, Rabu (13/7), pihaknya telah sepakat turut andil dalam proyek multinasional penggabungan (fusi) nuklir dengan Prancis, satu tahun usai perjanjian pembatasan pengembangan program atomnya dengan enam negara kekuatan dunia.
Pejabat pemerintah Iran mengatakan bahwa "kesepakatan umum" telah dibuat agar negara itu dapat bergabung dalam pembuatan "Reaktor Eksperimental Termo-nuklear Internasional" (ITER), proyek pembangunan reaktor prototipe fusi nuklir di bagian selatan Prancis.

Namun Kementerian Luar Negeri Prancis belum bersedia mengonfirmasi ataupun menolak laporan tersebut. Pihak ITER juga belum dapat dimintai keterangan. Kepala Organisasi Energi Atom Iran (AEOI), Ali Akbar Salehi dikabarkan mengunjungi markas ITER di Prancis bulan ini.

Ia dilaporkan telah membahas prospek Iran bergabung dalam proyek yang diresmikan sepuluh tahun lalu oleh Eropa, Amerika Serikat, Tiongkok, India, Jepang, Rusia, dan Korea Selatan."Pemerintah Iran telah mencapai kesepakatan umum dengan Prancis atas kerja sama gabungan megaproyek fusi nuklir internasional, atau ITER," kata Juru bicara AEOI, Behrouze Kamalvandi, seperti dilaporkan dalam Analisadaily.com, Kamis (14/7). (id/ad)

SUMBER http://energitoday.com/2016/07/iran-...engan-prancis/

No comments:

Powered by Blogger.